NAMA : Alfi Nurjanah
NIM : 12402241023
RUANG LINGKUP MANAJEMEN PERKANTORAN
A.
Pengorganisasian
Kantor
Organizing merupakan fungsi yang sangat penting dalam manajemen.kemampuan
untuk mengorganisasikan secara efektif,sangat besar nilainya dalam hal mengembangkanperusahaan.
Struktur Organisasi Kantor :
Kantor adalah pusat administrasi perusahaan dalam menjalankan operasinya. Dalam membuat struktur organisasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
Kantor adalah pusat administrasi perusahaan dalam menjalankan operasinya. Dalam membuat struktur organisasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
1. Merumuskan tujuan usaha
2. Analisis pekerjaan kantor
3. Pembagian tugas
Pengorganisasian Pekerjaan Kantor
Pekerjaan kantor ada pada seluruh bagian dalam perusahaan. Pengorganisasian pekerjaan kantor dibedakan
menjadi 2 jenis yaitu :
1. Sentralisasi
Sentralisasi atau asas pemusatan artinya semua kegiatan
administrasi atau perkantoran di pusatkan di suatu tempat dan di pimpin oleh
seorang office manager.
2. Desentralisasi
Desentralisasi atau asas pemencaran artinya semua
kegiatan administrasi atau perkantoran diserahkan ke manajer fungsional.
B. Perencanaan dan pengawasan sistem kerja
Perencanaan Pekerjaan Kantor
Perencanaan adalah proses kegiatan yang meliputi menentukan tujuan dan menentukan cara pencapaian tujuan tersebut.
Perencanaan adalah proses kegiatan yang meliputi menentukan tujuan dan menentukan cara pencapaian tujuan tersebut.
Langkah-langkah perencanaan pekerjaan kantor :
1. Pekerjaan apa yang akan dikerjakan
2. Cara atau metode mana yang akan dipakai
3. Bagaimana urut-urutan mengerjakannya
4. Kecakapan apa yang dibutuhkan untuk mengerjakannya.
Sistem Kerja
Sebuah sistem yang baik, memiliki karakter antara lain sebagai berikut :
1.Sistematis. Sebuah sistem harus memiliki keterkaitan yang logis, mudah
dimengerti dan dipahami, sehingga mudah di ikuti atau dilakukan.
2. Fungsional. Sebuah sistem yang baik adalah sistem yang dapat mendukung
setiap bagian dalam mencapai tujuan organisasi agar mampu memberdayakan segala
sumberdaya secara optimal.
3. Sederhana. Sebuah sistem yang baik adalah tidak terlalu rumit tetapi
sederhana dan mudah dilaksanakan.
4. Fleksibel dan adaptif. Sistem yang baik haruslah fleksibel dan adaptif,
mengingat seringnya terjadi perubahan-perubahan yang terjadi di luar kendali.
Sehingga sistem yang fleksibel akan mudah untuk di lakukan.
C. Produk-produk perkantoran
Kesuksesan sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh hal-hal kecil yang
menunjang kegiatan operasional perusahaan tersebut.
Sebagai contoh, pada kenyataannya kualitas alat tulis memegang peranan
penting dalam menentukan kinerja perusahaan.
Contoh produk alat tulis antara lain :
Contoh produk alat tulis antara lain :
- Pena
- Marker
- Pensil
- Penghapus
- Penggaris ,dll.
D. Peralaatan kerja kantor
Bukan kantor namanya kalau tidak ada peralatan kantor di dalamnya.
Keberadaan peralatan kantor di kantor bukanlah hanya untuk sekedar kebutuhan
sekunder atau hanya sekedar "pemanis" desain ruangan saja.
Peralatan Kantor tersebut meliputi :
1. Meja dan kursi
2. Rak buku dan lemari
3. Printer dan komputer
4. Fax dan telepon
5. Peralatan tulis
6. Peralatan penunjan, flash disk
dan lainnya
7. Mesin teknologi penunjang kerja
E. Lingkungan kerja kantor
Lingkungan yang baik akan membuat para pekerja merasa nyaman. Jika pekerja
atau karyawan merasa nyaman dalam bekerja bisa dipastikan produktivitas
akan meningkat.
Agar tujuan tercapai maka penataan tata ruang kantor harus memperhatikan
prinsip-prinsip berikut :
1. Harus mengalir secara terus menerus .
2. Fungsi yang sama atau berhubungan diletakkan
berdekatan.
3. Pengaturan perkakas membuat pengawasan lebih
mudah.
4. Tidak permanen agar fleksibel.
5. Ada ruang yang cukup untuk bergerak atau
berjalan.
6. Pekerjaan yang menimbulkan suara gaduh
misalnya bagian produksi dijauhkan dari lainnya.
7. Ruang pimpinan dipilih yang tenang karena
lebih banyak membutuhkan konsentrasi dalam bekerja.
8. Pengaturan tata letak membuat jarak tempuh
lebih pendek sehingga menghemat tenaga.
REFERENSI :
- MANAJEMEN PERKANTORAN EFEKTIFE, MC Maryati,
Edisi Pertama : cetakan pertama, Januari 2008
lumayan. klik https://goo.gl/yyV72F
BalasHapus